SEBELUM TERLAMBAT WANITA HARUS TAU! Begini Cara Bedakan Benjolan Tummor dan Kankeer Pada Payudara..!! Berikut Penjelasannya..


TipsehatBunda - Kanker payudara merupakan ancaman serius bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, prevalensinya menempati urutan wahid jenis kanker paling banyak pada wanita, baik di dunia maupun di Indonesia. Untuk itu, wanita perlu lebih waspada dengan rutin melakukan pemeriksaan pada payudaranya.

Namun tidak semua benjolan di payudara adalah kanker. Faktanya, hanya 15 persen dari benjolan yang bisa berkembang menjadi kanker.

Selain kanker benjolan bisa berupa tumor jinak, namun keduanya tetap perlu diwaspadai.


Cara Bedakan Benjolan Tum0r serta Kanker pada Payudara:

Benjolan di payudara sering kali jadi permasalahan yang dapat bikin setiap wanita tidak dapat tidur pulas. Masalahnya, benjolan adalah permasalahan kesehatan yang perlu diwaspadai.

Perkembangan jaringan tidak normal di tubuh ini adalah tandanya yang tidak dapat diabaikan.

Benjolan ini kerap dimaksud dengan tumor, yang ada pada payudara terdiri jadi dua jenis: tumor jinak serta tumor ganas atau kanker.

Tumor jinak payudara

Tumor jinak biasanya bisa dikenali berbentuk tonjolan pada daerah payudara yang biasanya tidak berbentuk agresif.

Tumor bisa selalu jadi tambah besar dalam ukuran, tetapi biasanya lebih lambat dari pada jenis tumor ganas. Pertumbuhan benjolan ini dapat juga mengakibatkan penekanan di sekitaran jaringan tubuh yang lain dan nyeri atau pembengk4kan.

Tumor ganas payudara

Tidak sama dari tumor jinak, tumor ganas yaitu benjolan pada Tidak sama dari tumor jinak, tumor ganas yaitu benjolan pada payudara yang berbentuka4gresif serta invasif, bertumbuh “liar” mengakibatkan kerusakan jaringan di sekitarnya.

Benjolan biasanya jadi tambah besar dengan lebih cepat dari pada tumor jinak. Memiliki bentuk juga biasanya tidak teratur, dengan beberapa sel yang menyebar ke org4n-org4n lain yang letaknya jauh dari payudara.

Dibutuhkan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan serta keganasan tumor ganas tersebut.

Penanganan untuk tumor jinak beragam bergantung pada jenis serta keparahannya.

Pada intinya, bila suatu benjolan mempunyai potensi untuk mengakibatkan nyeri serta masalah kesehatan, jadi meskipun berbentuk jinak dokter tetap merekomendasikan untuk melakukan operasi pengangkatan benjolan.

Hal ini dapat untuk mengantisipasi ada peluang perubahan karakter tumor jinak payudara jadi tumor ganas yang berbentuk agresif serta invasif.

Sebagian contoh kondisi medis yang termasuk juga tumor jinak payudara yaitu:

Fibroadenoma mammae (FAM).
Fibrosis serta kista simpel payudara.
Hiperplasia duktal serta lobular.
Tumor phyllodes.
Mastitis.

Yang seringkali terjadi pada wanita muda biasanya yaitu Fibroadenoma mammae (FAM). Fibroadenoma mammae (FAM) merupakkan tumor jinak payudara yang umum terjadi pada wanita umur 20-30 tahun..

Ukurannya bisa berbagai macam, dari mulai ukuran kecil yang tidak bisa teraba dari luar sampai yang memiliki ukuran besar serta bisa diraba dari luar. Memiliki bentuk biasanya bulat dengan pinggir yang jelas, serta bisa dibedakan dengan jaringan p4yud4ra di sekelilingnya. Jumlahnya bisa cuma satu sampai banyak pada satu jaringan payudara.

Benjolan fibroadenoma ini bisa di ketahui lewat pemeriksaan SADARI bila ukurannya cukup besar untuk diraba, atau lewat pemeriksaan mamografi bila ukurannya sangat kecil serta tak teraba pada pemeriksaan fisik.

Perlakuan untuk fibroadenoma payudara yaitu dengan operasi pengangkatan tumor, terlebih bila benjolan selalu jadi tambah besar atau mengakibatkan pergantian bentuk payudara.

Sering kali juga, benjolan baru fibroadenoma tumbuh setelah benjolan yang lama sudah diangkat. Hal semacam ini bukan berarti terjadi kekambuhan atau benjolan lama tumbuh kembali, tetapi memanglah terjadi perkembangan benjolan fibroadenoma baru.

Karenanya, wanita harus dengan teratur, rajin, serta disiplin memeriksa payudara sebagai sistem skrining untuk deteksi dini. Apalagi, bila ada kisah keluarga atau telah pernah alami benjolan payudara sebelumnya.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

loading...

0 Response to "SEBELUM TERLAMBAT WANITA HARUS TAU! Begini Cara Bedakan Benjolan Tummor dan Kankeer Pada Payudara..!! Berikut Penjelasannya.."

Posting Komentar